Selasa, 27 September 2011

Tradisi pesta rakyat Lembang

Setiap tahun Lembang selalu mengadakan pesta rakyat berupa karnaval atau pawai untuk memperingati hari jadi Indonesia. Biasanya karnaval ini diadakan tanggal 16 agustus tepat 1 hari sebelum hari kemerdekaan RI. Namun sudah beberapa tahun kami melaksanakan karnaval bukan tanggal 16 agustus karena beberapa tahun ini tanggal itu sudah memasuki bulan ramadhan. Namun karnaval tersebut tetap diadakan hanya saja waktunya dipercepat atau di perlambat. Contohnya tahun 2010 lalu karnaval diadakan tanggal 8 agustus. 

Para partisipan karnaval berasal dari seluruh sekolah, lembaga, maupun perwakilan sekitar 16 desa/ kelurahan di Lembang (Cibodas, Cibogo, Cikahuripan, Cikidang, Cikole, Gudangkahuripan, Jayagiri, Kayuambon, Langensari, Lembang, Mekarwangi, Pagerwangi, Sukajaya, Suntenjaya, Wangunharja, dan Wangunsari). Meraka dituntut untuk menyuguhkan atraksi dan tontonan yang menghibur. Tak ketinggalan juga perwakilan tukang ojeg maupun kusir delman.
Untuk menghibur warga, para kontestan sudah mempersiapkan penampilan maupun atraksi sejak jauh hari. Ada yang menyiapkan kendaraan hias (misalnya berbentuk tank), ada yang membuat rumah-rumahan dari bahan aqua bekas, lalu persiapan atraksi kesenian (calung, tari-tarian, dan lain-lain), kemudian marching band, cheerleaders, hingga membuat lodong, yakni meriam bambu yang diisi karbit. Para personelnya pun turut berhias dan berdandan. Ada yang sengaja pergi ke salon agar make up-nya matching dengan kostum yang dikenakan, atau berdandan seadanya dengan mencorat-coret wajah secara sembarang. Bagi mereka yang penting wajahnya terlihat coreng moreng dan menutupi wajah aslinya.

Rute pawai bermula dari depan took enggal sampai alun – alun lembang. Setiap kontingen karnaval memulai aksinya dari kantor Kecamatan Lembang, yang menjadi sebagai pos pertama. Kalau tidak salah seluruhnya terdapat 4 pos penilaian. Di setiap pos tersebut para kontestan harus mempertunjukkan aneka kreasi jagoannya masing-masing agar bisa jadi juara. Pesta rakyat tersebut berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. Hingga saat ini saya belum tahu kontestan mana saja yang keluar sebagai kampiun karnaval.

saat karnaval berlangsung jangan harap ada kendaraan yang bisa lewat. jalur lembang ditutup total jadi yang mau nonton karnaval harus dateng pagi - pagi dan siap pulang malem haha. denger denger sih tahun ini dilaksanakannya tanggal 28 oktober 2011. nonton yuuuk.

ini beberapa foto yang saya ambil saat karnaval 08/08/2010
1 pramuka

2 pks

3 pmr

4 bripera

0 komentar:

Posting Komentar